Sabtu, 09 Juni 2018

Dikecam Usai Cium Wanita di Hadapan Ribuan Orang, Presiden Filipina: Saya Akan Mundur, Dengan Syarat . . .

BANDAR POKER - Kaum wanita sayap kiri dan para feminis Filipina mengecam tindakan Duterte yang dinilai memberi lampu hijau bagi kaum lelaki untuk melecehkan wanita.


Presiden Filipina, Rodrigo Duterte bersikeras ciuman antara dirinya dengan seorang wanita di hadapan ribuan pendukungnya di Korea Selatan, murni sebatas 'hiburan'.

Sesumbar, Duterte mengatakan akan mundur dari tampuk jabatannya sebagai presiden, jika banyak wanita membubuhkan petisi dan memintanya mengundurkan diri akibat insiden tersebut.

"Jika banyak wanita menandatangani petisi agar saya mengundurkan diri, maka saya akan mengundurkan diri," Duterte mengatakan pada media setempat.

Duterte mengaku telah lama menerapkan 'gaya diplomatisnya' tersebut sejak ia menjabat sebagai walikota selama 22 tahun di Davao City, Filipina.

"Selama saya menjalani kampanye kala masih menjabat walikota Davao City, saya mencium bibir setiap wanita di kota itu," ujar Duterte yang kini berusia 73 tahun.

Ciuman kontroversial sang presiden

Insiden itu terjadi saat Duterte menemui para pekerja Filipina yang bermukim di Korea Selatan, Minggu malam (3/6/2018).

Dihelat di Seoul, acara tersebut dibuka dengan pidato panjang Duterte selama dua jam.

Di ujung pidatonya, ia menawarkan para hadirin sebuah buku berisi dugaan korupsi dan pelecehan di gereja katolik. Duterte menunjuk dua hadirin wanita naik ke atas panggung.

"Kalian bisa menukarkan buku ini dengan sebuah ciuman. Siap berciuman? datanglah kemari," Duterte menujuk dua wanita ke atas panggung.

Duterte mencium salah seorang pendukungnya di Seoul
Dua wanita menaiki panggung, salah seorang dari mereka memberikan Duterte ciuman di pipi.

Wanita terakhir, dengan hormat mencium dahi presiden, tanda penghormatan bagi orang yang lebih tua dalam tradisi Filipina.

Namun hal tersebut masih dirasa kurang oleh sang presiden, Duterte memintanya melakukan sebuah ciuman, ia menunjuk bibir wanita itu.

Duterte terlebih dahulu memastikan apakah sang wanita hadir bersama suaminya, dan meyakinkan bahwa aksi ciuman keduanya hanya sebatas lelucon.
Wanita itu mengatakan bahwa suaminya tidak ikut serta, Duterte lantas berujar:

"Buat dia cemburu," ujar si presiden.

Duterte membungkuk dan melayangkan kecupan di bibir wanita yang tampak gugup tersebut. Presiden Filipina itu lantas memeluknya.

Ribuan pendukung Duterte menyambutnya dengan sorak sorai dalam acara yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi di Filipina tersebut.

Di hadapan ribuan pendukungnya, Duterte sesumbar, "jangan anggap serius, itu hanya sebatas hiburan."

Wanita kelahiran Filipina itu diketahui menikahi seorang pria asal Korea Selatan, keduanya memiliki dua anak perempuan.
Dalam wawancaranya dengan sebuah stasiun televisi, wanita itu mengaku senang dapat bertemu presiden dan ia merasa tidak dilecehkan.

Namun bagi sejumlah orang, tindakan Duterte dinilai kelewat batas.

"Presiden Duterte bertindak bak seorang raja feodal dan berpikir bahwa ia berhak melakukan apapun yang ia inginkan," ujar Sen Rita Hontiveros, jurnalis dan aktivis wanita asal Filipina.

Gabriela, partai wanita sayap kiri Filipina mengutuk tindakan Duterte yang disebut 'misoginis' dan 'melecehkan wanita'.

Insiden itu menandai kali kesekian Duterte mendapat kecaman keras akibat  tindakan kontroversialnya.

Sebelumnya, Duterte sempat dikecam 'kelompok wanita Filipina' akibat komentarnya yang tak berperikemanusiaan dan menyudutkan kaum wanita.

Duterte dalam pidatonya melegalkan kelompok militer membasmi gerilyawan wanita yang berseberangan dengan pemerintah. Duterte bahkan memerintahkan mereka menembak alat kemaluan para gerilyawan wanita.

Pidato itu bak memberi sinyal betapa Presiden bertangan besi ini merupakan ancaman besar bagi kaum wanita.

Kaum wanita sayap kiri dan para feminis menganggap ucapan sesumbar Duterte dapat membahayakan wanita Filipina, sebab memberi lampu hijau bagi kaum lelaki untuk melecehkan wanita. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANDARQ TERBAIK Dari Ekonomi Hingga Luxury, Ini Lho Jenis-jenis Kelas Kereta Api!

Dari Ekonomi Hingga Luxury, Ini Lho Jenis-jenis Kelas Kereta Api! Dari Ekonomi Hingga Luxury, Ini Lho Jenis-jenis Kelas Kereta Api! ...